KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MAKASSAR

Penulis

  • Yunita Gobel Dinas Kesehatan Kota Makassar
  • Wahidin Wahidin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar
  • Muttaqin Muttaqin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v24i3.420

Kata Kunci:

Kualitas Jasa Kesehatan, Departemen, Unit kecelakaan dan unit gawat, Rumah Sakit Regional Makassar

Abstrak

  Abstrak

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah â€Bagaimanakah kualitas pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Darerah Kota Makassar ditinjau dari dimensi 1) Ketepatan waktu pelayanan; 2) Akurasi pelayanan; 3) Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan; 4) Tanggung jawab; 5) Kelengkapan; 6) Kemudahan dalam mendapatkan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan IGD RSUD Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif. Sumber data adalah informan yaitu kepala ruangan, direktur/wakil direktur pelayanan medik, pasien IGD, petugas (perawat/bidan dan dokter penanggung jawab pelaksana). Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan telaah dokumen. Data dalam penelitian ini ditampilkan secara triagulasi dan dibahas secara interpretatif berdasarkan teori dan fakta. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator ketepatan waktu pelayanan sudah baik. Dilihat dari proses jadwal kehadiran petugas secara bergiliran selama 24 jam sudah tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Indikator akurasi pelayanan termasuk dalam kategori berkualitas dimana kemampuan petugas selalu mengupayakan agar perawatan pasien minimal dari kesalahan. Indikator kesopanan dan keramahan termasuk dalam kategori cukup baik, dilihat dari cara melayani pasien dengan prinsip 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Namun teknik berkomunikasi masih perlu diperbaiki. Indikator tanggung jawab sudah dalam kategori baik karena sudah ada jaminan keamanan dan keselamatan pasien. Indikator kelengkapan dalam kategori baik dengan kondisi rumah sakit yang bersih dan sarana yang ada sudah lengkap, hanya perlu adanya kepedulian dari pegawai untuk menjaga sarana prasarana yang ada. Indikator kemudahan untuk mendapatkan pelayanan pasien dimudahkan oleh fasilitas pendukung di rumah sakit juga prosedur pelayanan yang mudah, jelas dan tidak berbelit-belit. 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-12-18

Cara Mengutip

Gobel, Yunita, Wahidin Wahidin, dan Muttaqin Muttaqin. 2018. “KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MAKASSAR”. Jurnal Administrasi Negara 24 (3):177-88. https://doi.org/10.33509/jan.v24i3.420.