THE PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KAPAL TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PT PELABUHAN IDONESIA IV (PERSERO) CABANG MAKASSAR

Penulis

  • Andi Rifka Darangeng Politeknik STIA LAN Makassar
  • Najmi Kamariah Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v27i1.1411

Kata Kunci:

BUMN, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstrak

BUMN memiliki tugas utama untuk menyediakan layanan jasa dan barang-barang ekonomis yang pihak swasta tidak sediakan, sekaligus bertugas untuk menyediakan layanan terkait seluruh keperluan dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih jauh pengaruh dari kualitas pelayanan yang telah diberikan oleh PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Kancab Makassar terhadap rasa puas yang dirasakan oleh konsumen. Sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik sampling non-probability dan sampling purposive untuk mengambil sampel dari responden penelitian. Sebanyak tiga puluh responden terlibat sebagai sampel pada penelitian ini. Model olah data yang akan dilakukan untuk menganalisis hasil penelitian ini adalah analisis regresi sederhana yang kemudian diolah dengan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi yang diperoleh dari penelitian ini, variabel kualitas pelayanan memberikan pengaruh 70,8% terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hasil juga menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi secara positif dan signikan (0,000<0,05) oleh kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Delafrooz, N., Taleghani, M., dan Taghineghad, M. 2013. The impact of service innovation on consumer satisfaction. International Journal of Marketing and Technology, Vol. 3, Issue 5. ISSN: 2249-1058.

Fida, B. A., Ahmed, U., Al-Balushi, Y., dan Singh, D. 2020. Impact of Service Quality on Customer Loyalty and Customer Satisfaction in Islamic Banks in the Sultanate of Oman. SAGE Journal, pp.1-10. DOI: 10.1177/2158244020919517.

Fonseca, F., Pinto, S., dan Brito, C. 2010. Service Quality and Customer Satisfaction in Public Transports. International Journal for Quality research, Vol.4, No.2, pp.125-130. UDK- 656.025.2:658.56

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analysis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://nazir550.wordpress.com/2017/07/14/keagenan-kapal/. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020 pada pukul 15:00 WITA

Masrokhan, Nazir. 2017. “Keagenan Kapalâ€. (Online)

Owano, L. A., Alala, O., dan Musiega, D. (2014). Relationship between Customer Service Innovation and Customer Satisfaction in the Banking Industry: A Case Study of Kenya Commercial Bank. IOSR Journal of Business and Management, Vol. 16, Issue 6, (22-31). e-ISSN: 2278-487X.

Putri, Arum Sutrisni. 2019. “BUMN: Pengertian, Tujuan, dan Perannya dalam Perekonomian Indonesia.†(Online). https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/10/101225669/bumn-pengertian-tujuan-dan-perannya-dalam-perekonomian-indonesia?. Diakses pada tanggal 10 Juni 2020 pada pukul 11.00 WITA.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.

______. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy., dan Chandra, Gergous. 2016. Service, Quality & Satisfaction”. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

_____. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatiif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

_____. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suparman, Raden Agus. 2018. “PPN Dibebaskan Atas Jasa Kepelabuhan Tertentu Kepada Perusahaan Angkutan Laut Yang Melakukan Kegiatan Angkutan Laut Luar Negeri.” (Online). https://aguspajak.com/2018/03/08/ppn-dibebaskan-atas-jasa-kepelabuhan-tertentu-kepada-perusahaan-angkutan-laut-yang-melakukan-kegiatan-angkutan-laut-luar-negeri/. Diakses pada tanggal 26 Juni 2020 pada pukul 14:00 WITA.

Swastha, B., dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Utami, S. S. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Mempergunakan Jasa Transportasi PT SOLO CENTRAL TAXI Di Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, (33 – 44).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

Darangeng, Andi Rifka, dan Najmi Kamariah. 2021. “THE PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KAPAL TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PT PELABUHAN IDONESIA IV (PERSERO) CABANG MAKASSAR”. Jurnal Administrasi Negara 27 (1):70-91. https://doi.org/10.33509/jan.v27i1.1411.