PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA DINAS SOSIAL PROVINSI SULAWESI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.33509/jan.v27i2.1314Kata Kunci:
Knowledge Management, Penciptaan Pengetahuan, Berbagi Pengetahuan, Implementasi PengetahuanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan knowledge management pada Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, yang dilihat dari tiga proses dasar atau tahapan penerapan knowledge management dalam organisasi yaitu penciptaan pengetahuan, berbagi pengetahuan, dan implementasi pengetahuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian kualitatif yang akan menggambarkan bagaimana proses dasar atau tahapan penerapan knowledge management pada suatu instansi pemerintah. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi dan telaah dokumen. Penelitian ini melibatkan 13 orang informan yang dipilih berdasarkan pertimbangan pihak-pihak yang paling terlibat dengan mempertimbangkan jabatan strategis dan masa kerja pada Dinas Sosial, khususnya terkait penerapan knowledge management. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan knowledge management pada proses atau tahapan penciptaan pengetahuan di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan belum sepenuhnya diterapkan. Adapun aktivitas yang sudah diterapkan dan berjalan rutin, yaitu pertemuan informal dan belajar dengan melakukan (learning by doing). Begitupun pada tahapan berbagi pengetahuan juga belum sepenuhnya diterapkan di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, hanya aktivitas penggunaan media interaktif yang sudah berjalan dengan baik. Dan terakhir, pada proses atau tahapan penerapan atau implementasi pengetahuan (knowledge implementation) di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan hampir semuanya belum diterapkan, meskipun ada beberapa aktivitas yang sudah terlaksana pada tahapan ini, namun peneliti menganggap hal tersebut belum dilaksanakan secara khusus dan maksimal, seperti aktivitas penilaian infrastruktur dalam bentuk pendataan kebutuhan peralatan dan perlengkapan, dan pemberian reward system.
Unduhan
Referensi
Indarti, N., & Dyahjatmayanti, D. (2014). Manajemen Pengetahuan: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kuneng, Andi Putra Iip. (2017). Analisis Penerapan Knowledge Management System pada Sekretariat Daerah Polewali Mandar. (Magister Tesis, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi - Lembaga Administrasi Negara Makassar).
Kurniawati, Susanti .(2012). Model Penerapan Knowledge management pada BUMN Penyelenggaraan Bisnis Jasa Telekomunikasi. Jurnal Sains dan Terapan, 7(1), 1-15.
Moleong, Lexy. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Ismail. (2012). Manajemen Pengetahuan (Knowledge management). Bogor: Ghalia Indonesia.
Sopandi, Omar Dani, & Saud, Udin Syaefuddin. (2016). Implementasi Knowledge Management pada Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan. 23(2), 1-13.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Wijayanti, Desi Putri. & Sundiman, Didi. (2017). Pengaruh Knowledge Management terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empiris pada PT. SMS Kabupaten Kotawaringin Timur). Development Research of Management: Jurnal Manajemen. 12 (1), 69-85.
Wu, W. Y., & Sukoco, B. M. (2010). Why should I share? Examining consumers' motives and trust on knowledge
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Politeknik STIA LAN Makassar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).