PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) BAGIAN UMUM PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN JENEPONTO

Isi Artikel Utama

Khairinil Akliya
Jessica Fransisca Tonapa

Abstrak

Tugas serta tanggung jawab pemerintah selain menyelenggarakan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan ialah pelayanan publik. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah dengan menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP). Penelitian ini bertujuan untuk menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Jeneponto guna meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif, adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan telaah dokumen. Observasi dilakukan dengan cara melihat langsung bagaimana proses dan alur pelayanan, wawancara dilakukan dengan mewawancarai beberapa informan yang memiliki tugas pokok dan fungsi yang terkait dengan SOP Bagian Umum, sedangkan telaah dokumen dilakukan untuk memperoleh data berupa dokumen-dokumen terkait kegiatan SOP yang di susun. Adapun uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah disusun di validasi kembali melalui presentasi dan sosialisasi kepada pegawai untuk mendapatkan saran atau perbaikan tambahan. Penelitian ini menghasilkan tujuh SOP yaitu surat keluar, surat masuk, pembuatan Daftar Urut Kepangkatan (DUK), kenaikan gaji berkala, absensi, tunjangan KP4, dan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Akliya, K., & Tonapa, J. F. (2025). PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) BAGIAN UMUM PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN JENEPONTO. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 3(2), 192–206. https://doi.org/10.33509/admit.v3i2.3588
Bagian
Articles

Referensi

Ajusta, A. A. G., & Addin, S. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (Sop) Di Departemen Hrd Pt Sumber Maniko Utama. Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 181–189.

Chaniago, S. F., Syaifuddin, M., Zakaria, R., & Rochani, R. (2022). Analisis Overlapping Job dan Rotasi Jabatan pada Perusahaan Percetakan (Studi Kasus PT XYZ). Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, (2016), 1–6.

Dewangkara, P., & Hasin, A. (2023). Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap Kualitas Layanan (Studi Pada Balakosa.Co). Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis Dan Manajemen, 02(02), 8–19.

Nasution, (2023). Metode Penelitian Kualitatif. In M. Dr. Hj. Meyniar Albina (Ed.), Sustainability (Switzerland).

Erawati, D. (2021). Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi UNIBBA JurnalAkuntansi Fakultas Ekonomi UNIBBA. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 12, 46–63.

Hayat. (2017). MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK. Raja Grafindo.

Hilmi, A. N., Fanida, E. H., Farid, M., Megawati, S., Eprilianto, D. F., Decavarya, M., & Taqwa, A. (2024). Pelatihan Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan untuk Optimalisasi Pelayanan Publik Desa. Community Development Journal, 5(1), 2374–2381.

Lestari, R. A., & Santoso, A. (2022). Pelayanan Publik Dalam Good Governance. JURNAL ILMU SOSIAL Dan ILMU POLITIK, 2(1), 43.

Marliani, L. (2018). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Galuh, 5(4), 17–18.

Pahira, S. H., & Rinaldy, R. (2023). Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(03), 810–817.

Rijal, Hasim, D., Irwan, Djunaedi, & Jusman. (2023). Pengembangan SOP Pelayanan Administrasi Pemerintahan Kampung Berbasis Teknologi Informasi di Kampung Inofi. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1410–1417.

Rohman, A., & Hanafi, Y. (2019). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Reformasi, 9(2), 153.

Sahir, S. H. (2022). Buku ini di tulis oleh Dosen Universitas Medan Area Hak Cipta di Lindungi oleh Undang-Undang Telah di Deposit ke Repository UMA pada tanggal 27 Januari 2022.

Sihotang, J. S. (2023). Good Governance dalam Pelayanan Publik. Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 188–201.

Taufiq, A. R. (2019). Penerapan Standar Operasional Prosedur (Sop) Dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit. Jurnal Profita, 12(1), 56.

Widiyanti, A. B., Utami, G., & Widyawati, I. (2022). Analisis Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Upaya Perbaikan Fungsi Jabatan pada UD. XYZ. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 1–7.

Wiyanda Vera Nurfajriani, Muhammad Wahyu Ilhami Arivan Mahendra, Rusdy Abdullah Sirodj, M. W. A. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif Wiyanda. Jurnal Ilimiah Wahana Pendidikan, 10(September), 826–833.