TRANSFORMASI LAYANAN PUBLIK MELALUI STANDAR PELAYANAN DI KANTOR KELURAHAN PA’BAENG-BAENG
DOI:
https://doi.org/10.33509/admit.v2i2.2926Kata Kunci:
Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Kualitas PelayananAbstrak
Pada Kantor Kelurahan Pa’baeng-Baeng yang berlokasi di Kota Makassar belum menyusun dan menetapkan dokumen standar pelayanan sebagai tolok ukur dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat. Tidak adanya standar pelayanan tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa Kantor Kelurahan Pa’baeng-Baeng tidak memiliki pedoman atau acuan yang digunakan dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Tujuan penelitian ini agar Kantor Kelurahan Pa’baeng-Baeng memiliki indikator dalam memberikan layanan serta meningkatkan kepuasan masyarakat selaku penerima layanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara dengan lurah, staf dan Masyarakat penerima layanan, observasi terkait pelayanan yang diberikan serta telaah dokumen. Focused Group Discussion (FGD) dilakukan bersama aparat Kantor Kelurahan bersama Masyarakat untuk mendapatkan masukan dalam rancangan Standar Pelayanan. Adapun hasil penelitian ini yaitu 5 (lima) jenis Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan dan yang telah ditetapkan oleh Lurah. Dengan adanya standar pelayanan diharapkan dapat menjadi dasar dalam pemberian layanan kepada masyarakat, memastikan akuntabilitas dan meningkatkan kepuasan masyarakat pada pelayanan di Kantor Kelurahan Pa’Baeng-Baeng.
Referensi
Achmad, D., Tahir, N., & Arfah, S. R. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Lajangiru Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 3(4), 1088–1098. Diambil dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/view/8621
Cahyanti, A. P., Setiyono, B., & Adnan, M. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Sesuai Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Studi di Dinas Kesehatan Kota Salatiga Tahun 2016-2017. Journal of Politic and Government Studies, 7(3), 41–50. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/21112
Ella, S. (2020). Optimalisasi Pelayanan Publik melalui Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 13(1), 127–141. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/379475702_Implementasi_Program_Jebol_Anduk_Jemput_Bola_Administrasi_Kependudukan_dalam_Meningkatkan_Kualitas_Pelayanan_Kelurahan_Kedung_Baruk_Kota_Surabaya
Gamaputra, G., Rosalia, N. A., Khoirunisa, K., & Kusyeni, R. (2022). Penerapan Standar Pelayanan Publik Melalui Aplikasi SIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo) Di Kantor Kelurahan Celep. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 5(2), 81–96. https://doi.org/10.31334/transparansi.v5i2.2662
Godjali, M. R., Utami, W. K., & Ramadhan, G. (2021). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui Model Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Berbasis Transparansi Dan Partisipasi Warga Pada Kantor Desa Sindangsari Dan Desa Pasir Karag. Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9–21. https://doi.org/10.31506/komunitas:jpkm.v1i1.11665
Hikmah S, N., & Tonapa, J. F. (2024). Perancangan dan Penetapan Standar Pelayanan Pada Kantor Kelurahan Wala-Walaya Kecamatan Tallo Kota Makassar. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 2(1), 158–170. https://doi.org/10.33509/admit.v2i1.2550
Kasenda, H., Sambiran, S., & Sumampow, I. (2021). Transparansi Pengelolaan Dana Kelurahan Dalam Pembangunan Di Kelurahan Ranomea Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. GOVERNANCE, 1(2), 1–9. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/governance/article/view/35393
Kristiyanto, E. (2016). Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Urgency of Disclosure of Informationin The Implementation of Public Service). Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 16, 231. https://doi.org/10.30641/dejure.2016.V16.231-244
Luas, J., Kimbal, M., & Singkoh, F. (2017). Efektivitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Kakaskasen Dua Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon. JURNAL EKSEKUTIF, 2(2). Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/18400
Lukman, S., Suwanda, D., & Santoso, Y. P. (2021). Penyusunan Standar Pelayanan Publik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Magdalena, N. M., Sihombing, S. B., & Candra, M. (2024). Hambatan Dan Standar Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah. Eksekusi : Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 2(1), 279–285. https://doi.org/10.55606/eksekusi.v2i1.883
Nugroho, M., & Halik, A. (2016). Penerapan standar pelayanan publik pada kelurahan di wilayah kota kediri. JHP17: Jurnal Hasil Penelitian, 1(02), 251–266.
Prissando, F. A., Fachruddin, I., Susanto, D., & Mashuri, M. (2022). Implementasi Standar Pelayanan Program SAKTI di Kelurahan Bujel Kota Kediri. Governance, JKMP (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik), 12(2), 115–123. https://doi.org/10.38156/gjkmp.v12i2.110
Riyadin, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan). JURNAL SIMPLEX, 2(1). Diambil dari https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JS/article/view/330
Suhartoyo, S. (2019). Implementasi Fungsi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Administrative Law and Governance Journal, 2(1), 143–154. https://doi.org/10.14710/alj.v2i1.143-154
Titania, M. Y., & Nursadi, H. (2023). Kualitas Dan Kepatuhan Pelayanan Publik Oleh Pemerintah di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(1), 281–293. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4160
Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 73–85. https://doi.org/10.54783/ap.v3i1.11
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Politeknik STIA LAN Makassar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.