PENGEMBANGAN PRODUK MELALUI DESAIN KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PADA BANGI CAFE SUNSET CPI
DOI:
https://doi.org/10.33509/admit.v2i2.2835Kata Kunci:
Pengembangan Produk, Desain Kemasan, Kemasan, Bangi Cafe SunsetAbstrak
Sektor Food and Beverage (F&B) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian, baik secara global maupun di tingkat domestik. Salah satu yang dapat meningkatkan minat beli pada Sector Food and Beverage yaitu dengan melakukan pengembangan produk. Pengembangan produk adalah proses menciptakan barang dan layanan yang bertujuan untuk menyesuaikan produk yang dibuat atau ditawarkan untuk dijual sesuai dengan permintaan konsumen. Pada penelitian ini akan dilakukan pengembangan produk melalui desain packaging. Bangi Cafe Sunset adalah sebuah cafe yang mengantarkan tema klasik. Bangi Cafe Sunset berlokasi di Jalan Metro Tanjung Bunga No. 18 Center Point Of Indonesia, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mengembangkan desain kemasan pada Bangi Cafe Sunset CPI agar dapat meningkatkan minat beli dengan menambahkan identitas produk pada kemasan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan desain kemasan baru pada Bangi Cafe Sunset dilakukan melalui enam tahapan pengembangan produk dan Bangi Cafe Sunset mengembangkan kemasannya dari kemasan bahan kraft coklat polos menjadi kemasan berwarna puth bahan ivory dengan desain sesuai dengan hasil wawancara konsumen dan persetujuan owner Bangi Cae Sunset dan manager pusat Bangi Cafe agar dapat menarik minat beli konsumen.
Referensi
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan.Sosio.E-Kons,.10(1),.20.
Aditama. (2020). Rancangan Desain Kemasan dan Pembuatan Alat Pengemas Produk Balung Kethek Untuk Meningkatkan Produksi dengan Metode QFD. Jurnal Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1-10.
Chandra, B., & Sukma, A. (2021). Pengaruh Desain Kemasan terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Makanan Olahan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(2), 75-89. https://doi.org/10.1234/jmp.v10i2.12345
Crow, D. (2018). Strategi Pengembangan Produk Terhadap Bisnis Baru dalam Penelitian dan Pengembangan. Jurnal Ekonomi, 5(6),. https://doi.org/10.28926/riset
Heller, E. (2019). Perancangan Desain Kemasan “Basic Of Packaging.” Jurnal Desain Kemasan, 06(02), 160–172.
Hendrayani, Y., & Manihuruk, H. (2020). Redesain Kemasan Desain Meningkatkan Brand Awareness Produk Unggulan UKM Cilodong Berkarya. Bakti Masyarakat Indonesia, Vol.3 No., 212–220.
Indriyani, F. (2023). Pengaruh produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di pasar modern. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(1), 45–58.
Irvan, M. (2020). Fase Pengembangan Konsep Produk Dalam Kegiatan Perancangan dan Pengembangan Produk. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta, 4(3), 261–274.
Jamaludin, A. (2021). Pengaruh Display Produk dan Kemasan Citra Produk dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian pada Pack Rokok Gudang Garam di PT Surya Madistrindo Aro Cianjur. Universitas Komputer Indonesia.
Krugman, P. (2018). Inovasi Teknologi dan Pertumbuhan Industri. Jurnal Ekonomi Global, 12(3), 45-60. https://doi.org/10.1234/jeg.v12i3.67890
Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2018). Packaging Design: Successful Product Branding from Concept to Shelf. New York: John Wiley & Sons.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2022). "Consumer Behavior in Contemporary Markets: A Comparative Analysis." Journal of Marketing Dynamics, 12(3), 45–58.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2022). Marketing Management Revisited: Exploring Contemporary Trends and Practices. Journal of Marketing Research, 38(2), 215-230.
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2023). Peranan Kemasan dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen: Studi Kasus pada Industri Makanan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(3), 321–335. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251
Sanusi, S., Bora, A., & Bayu, A. (2019). Inovasi Desain Kemasan Sebagai Strategi Promosi: Studi Kasus pada Kemasan Pizza Khanza. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 4(2), 45-56.
Saribu, H. D. T. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(1), 1–6.
Shahnaz, N. B. F., & Wahyono. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Toko Online. Manajemen Analysis Journal, 1–11.
Sumarni, D., & Hidayat, A. (2018). Indikator Kemasan Produk untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen. Jurnal Desain Produk, 5(1), 45-52. https://doi.org/10.5678/jdp.v5i1.7890
Supriyadi. (2019). Tiga fungsi utama kemasan: Melindungi, mengidentifikasi, dan meningkatkan efisiensi distribusi. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 15(2), 45-58.
Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2020). Product Design and Development (7th ed.). McGraw-Hill.
Widyamurti, N. (2018). Pemasaran Pariwisata Melalui Kemasan Produk UKM Standing Pouch Berbahan Paper Metal di Era Ekonomi Kreatif. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 1(1).
Erlyana, Y. (2020). Analisis peranan desain kemasan terhadap brand identity dari sebuah produk makanan lokal Indonesia dengan studi kasus: Produk oleh-oleh khas Betawi ‘Mpo Romlah’. Jurnal Desain dan Komunikasi Visual, 5(2), 123–134. https://doi.org/10.30813/jdkv.v5i2.1316
Indriyani, F., & Kurniawan, A. (2023). Dampak strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen di era digital. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 12–22.
Rizky, A., & Yasin, M. (2020). Perilaku Konsumen: Teori dan Praktik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 25-35.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Politeknik STIA LAN Makassar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.